Pilih Laman

Sebagai salah satu warisan budaya Indonesia, batik senantiasa hadir dalam kehidupan sehari-hari. Batik banyak digunakan untuk seragam sekolah, seragam karyawan ataupun seragam pernikahan. Bahkan, tidak sedikit juga organisasi kepanitiaan yang menggunakan seragam batik.

Di Solo, Kalinggo Batik hadir sebagai solusi kebutuhan produk batik berkualitas untuk segala kebutuhan. Nah, bagi Anda yang masih ragu dengan produknya, berikut daftar prestasi Batik Kalinggo yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

 

Kalinggo Batik, Perusahaan Batik Kaya Prestasi

Kalinggo Batik merupakan salah satu produsen batik terpopuler di wilayah Solo yang kini berhasil melambungkan namanya secara nasional. Didukung dengan teknologi JBatik, produsen ini menyediakan berbagai motif batik yang dapat di-custom oleh konsumen. Kalinggo menyediakan produk batik tulis, cap, printing maupun campuran.

Kalinggo Batik dikenal luas oleh masyarakat akan produk-produknya yang berkualitas. Tidak hanya itu, produsen kain khas ini juga meraih banyak penghargaan, terutama ketika pendirinya, Alm. Winarso Kalinggo masih hidup. Adapun daftar penghargaan yang pernah diterima oleh Batik Kalinggo yaitu:

  • Penghargaan dari Duta besar Republik Indonesia untuk kerajaan Spanyol atas partisipasi Alm. Winarso Kalinggo dalam mempromosikan Indonesia melalui produknya dalam acara Promosi Asia Tenggara di El Corte Ingles, Spanyol pada bulan Februari 1993.
  • Piagam Penghargaan Byasana Bhakti Upradana dari Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Tengah atas jasa dan prestasi Alm. Winarso Kalinggo dalam mengembangkan industri batik. Penghargaan ini diberikan pada tanggal 27 Oktober 1997.
  • Piagam Penghargaan Upakarti Pengabdian dari Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia atas jasa Alm. Winarso Kalinggo karena telah melakukan pembinaan terhadap industri kecil dalam rangka pengembangan industri nasional. Penghargaan ini diberikan pada tanggal 4 Desember 1997.
  • Piagam Penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia kepada Alm. Winarso Kalinggo atas perannya sebagai pemrakarsa pemakaian busana tradisional Jawa sabuk wala dengan peserta terbanyak. Penghargaan ini diberikan pada bulan April 2008.

Penghargaan tersebut semuanya diberikan kepada Alm. Winarso Kalinggo selama masih hidup dan mengabdi untuk mengembangkan produk batik agar dikenal masyarakat luas. Meskipun pendiri Kalinggo Batik tersebut telah wafat, perusahaan batik ini masih melanjutkan tradisinya dan terus melakukan perkembangan untuk menciptakan batik modern yang sesuai selera masyarakat saat ini.

 

Tips Membeli Batik Berkualitas dan Nyaman

Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisa mendapatkan batik berkualitas dan nyaman.

  • Perhatikan Bahan Batik

Salah satu faktor yang membedakan kualitas batik yaitu bahan kain untuk membuat batik. Oleh karena itu, perhatikan terlebih dahulu bahannya sebelum membeli batik. Secara umum, batik terbuat dari kain katun hingga sutera. Semakin bagus bahan tentu saja harga batik semakin mahal. Pemilihan bahan ini umumnya akan memengaruhi kenyamanan dalam menggunakan batik. Selain bahan pembuatnya, teknik pembuatan batik juga berbeda-beda. Diantara semua teknik yang digunakan, batik tulis memiliki harga yang paling mahal.

  • Pertimbangkan Warna dan Motif Batik

Selain mempertimbangkan pemilihan bahan, konsumen juga perlu mempertimbangkan warna dan motif batik. Pemilihan warna ini bisa disesuaikan dengan selera jika untuk kebutuhan pribadi. Apabila ingin mencari batik untuk kebutuhan kerja maka sesuaikan warnanya dengan warna perusahaan Anda.

Selain itu, perhatikan juga motif batiknya, bisa memilih motif parang, bunga, alam, binatang atau motif lainnya. Anda juga bisa membuat motif tersendiri yang sesuai dengan logo perusahaan, sekolah, kepanitiaan atau kebutuhan lainnya.

  • Perhatikan Ukurannya

Baju batik memiliki ukuran yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda pun harus memperhatikan ukuran batik sebelum membelinya. Sesuaikan ukuran baju batik dengan tubuh, mulai dari lebar dada, panjang baju, panjang lengan dan masih banyak lagi. Model batik juga beragam, ada yang standar, tetapi ada juga yang fit (berukuran kecil dan pas dengan bentuk tubuh).

  • Pertimbangkan Kegunaan Baju Batik

Selain beberapa hal di atas, Anda juga harus mempertimbangkan kegunaan baju batik tersebut, apakah untuk acara formal atau casual. Biasanya hal tersebut dibedakan dari motif pada kain batik.

Nah, demikian tadi ulasan singkat terkait Batik Kalinggo yang memiliki segudang prestasi sehingga layak untuk dijadikan partner seragam batik Anda. Selamat mencoba.